021 - 849 717 66 marketing@rsmasmitra.co.id

Seperti olah raga yang kita lakukan, kegiatan donor darah yang dilakukan secara rutin ternyata “menyenangkan” organ tubuh kita yang perlu “sentuhan” agar tetap hangat dan sehat. Istilah simbiosme mutualisma sangat cocok dengan kegiatan donor darah karena yang memberi dan yang diberi mendapatkan manfaat satu sama lain.

Manfaat donor darah bagi yang memberikan ternyata adalah membantu memperlancar aliran darah hingga mencegah penyumbatan arteri(adalah pembuluh darah berotot yang membawa darah dari jantung), menurunkan serangan jantung hingga hampir 90 persen, dan terakhir membuat kita, insha Allah, jarang sakit dan terhindar dari penyakit kanker,stroke dan serangan jantung.

Sedangkan bagi penerima donor darah manfaat yang didapatkannya sangat luar biasa yaitu menyelamatkan nyawa mereka yang terkena kecelakaan, proses transplantasi organ dan yang mempunyai penyakit seperti kanker, anemia(gejala berkurangnya sel darah merah atau hemoglobin (hb) dalam darah), hemofilia(adalah kelainan genetik pada darah yang disebabkan adanya kekurangan faktor pembekuan darah) dan lain lain.

Buat yang sibuk dan jarang punya waktu mengecek kesehatan, kegiatan donor darah juga merupakan ajang refreshing untuk sekadar melihat kondisi tubuh kita apakah masih, tetap atau kurang sehat. Alasannya? Ternyata tidak semua darah dari calon pendonor diterima karena tergantung dari kondisi darah pendonor. Sebelum memberikan donor darah, pendonor akan dicek suhu tubuhnya, tekanan darah, nadi dan kadar hemoglobinnya. Bila ternyata bagus, bisa langsung donor darah, bila tidak, minimal kita tahu mengapa darah kita tidak bisa didonorkan. Lumayan cek kesehatan gratis.

 

Tim Dokter, Medis & Keperawatan RS Masmitra